100 Things Penn State Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Penn State Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Ekonomi Jelaskan penggolongan harta (aktivas) dalam persamaan dasar akuntansi

Jelaskan penggolongan harta (aktivas) dalam persamaan dasar akuntansi

Dalam persamaan dasar akuntansi, terdapat beberapa komponen. Salah satunya adalah aset atau harta. Beberapa hal yang termasuk kedalam harta adalah bangunan gedung, kendaraan, tanah, uang kas yang tunai maupun cek kontan.

Pembahasan :

Terdapat beberapa komponen dalam persamaan dasar akuntansi. Komponen-Komponen Persamaan Dasar Akuntansi tersebut adalah :

ASET

      Aset adalah sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan untuk digunakan manfaatnya di masa depan. Hal hal yang termasuk aktiva adalah bangunan gedung, kendaraan, tanah, uang kas yang tunai maupun cek kontan. Aset dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu tangible seperti kas dan intangible bersifat atau tidak berwujud seperti goodwill atau hak cipta.

Berikut beberapa contoh akun aset :

  • Aset Lancar : aset lancar dapat diubah atau dikonversikan menjadi uang dengan waktu cepat. Hal hal yang tergolong aset lancar adalah  piutang, wesel, kas, surat berharga, perlengkapan, serta transaksi yang telah dibayar di muka (paid in advance).
  • Aset Tetap : aktiva tetap adalah hal hal yang dapat digunakan dalam waktu lebih dari setahun. Aset tetap sering digunakan pada kegiatan operasional perusahaan seperti mesin produksi, kendaraan operasional, maupun tanah atau bangunan.

KEWAJIBAN ATAU LIABILITAS

     Liabilitas merupakan dana yang dipinjam perusahaan dari pihak ketiga dan harus dilunasi sesuai waktu yang sudah disepakati. Liabilitas ini sering disebut hutang. Utang merupakan kebalikan dari piutang. Dan ini harus dicatat pada laporan keuangan. Yang termasuk liabilitas adalah :

  • Hutang Jangka Pendek : Hutang Bank, Hutang Dagang, Hutang Gaji, Hutang Pajak.
  • Hutang Jangka Panjang : Hutang Obligasi

EKUITAS

Ekuitas adalah aset perusahaan yang dimiliki oleh pemegang saham atau pihak ketiga. Pemilik dapat menarik atau menanam investasi pada perusahaan.

Beberapa akun ekuitas umum seperti:

  • Modal Pemilik
  • Penarikan Pemilik (prive)
  • Laba Ditahan
  • Saham Biasa
  • Modal Disetor

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang melakukan Komponen Persamaan Akuntansi

brainly.co.id/tugas/15900757

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

[answer.2.content]